Pedoman Kehidupan

Itulah yang diajarkan di dalam Al-Qur’anul Karim, Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, para sahabat, dan para alim ulamanya. Dakwah yang tak rela bila Islam hanya dijadikan peran figuran, berperan hanya di tembok-tembok masjid dan hanya bernuansa sosial kemanusiaan.

Sebab Islam adalah kehidupan itu sendiri yang tak mungkin dikapling hanya dalam urusan ubudiyah yang khusus. Dakwah ini ingin Islam mengejawantah dalam seluruh kehidupan.

Sebab itulah syarat dari kesejahteraan yang bercita-cita membangun peradaban terbaik, sebagaimana telah dibuktikan dalam sejarah.

Ketika dakwah yang integral dan komprehensif ini mengalami banyak tantangan dan hambatan.

Ketika dakwah ini difitnah, dijustifikasi, dipandang, secara negatif oleh orang-orang yang tak menyukai kehadirannya.

Maka…. Bergemuruh keimanan dan semangat murabbi untuk melakukan sesuatu demi memenangkan dakwahnya. Sementara di sisi lain, ternyata tidak banyak yang bisa diberikan untuk dakwah.

Teringatlah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dahulu yang disitir dalam Al-Qur’anul Karim dalam Surat At Taubah ayat 92 : “Dan tiada (pula) berdosa atas orang-orang yang apabila mereka datang kepadamu, supaya kamu memberi mereka kendaraan, lalu kamu berkata : “Aku tidak memperoleh kendaraan untuk membawamu”. Lalu mereka kembali, sedang mata mereka bercucuran air mata karena kesedihan, lantaran mereka tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan.”

Begitulah. Air mata murabbi adalah energi terpendam yang mendorong gerak untuk bisa melakukan lebih banyak lagi demi kebaikan dan kemenangan dakwah.

[Disadur dari Majalah Relung Tarbiyah Edisi 4 Tahun 1 – 2016]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s