KEUTAMAAN DAN HIKMAH HAJI & UMRAH

A.    KEUTAMAAN HAJI & UMRAH

  1. Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh orang muslim yang mampu. Dan perbuatan yang wajib adalah perbuatan yang paling dicintai Allah SWT. “Tidak ada perbuatan yang paling Aku cintai melainkan yang telah Aku wajibkan”, jadi haji dan umrah adalah salah satu ibadah yang paling dicintai Allah SWT.
  2. Ibadah haji merupakan perbuatan yang paling afdhol setelah iman dan jihad.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah ditanya : Perbuatan apakah yang paling afdhol (utama)?, Beliau menjawab : Iman kepada Allah dan RasulNya. Kemudian apalagi ?, jihad di jalan Allah. Kemudian apalagi ?, Beliau menjawab : haji mabrur.

Bahkan bagi wanita ibadah haji nilainya sama dengan jihad di jalan Allah, karena jihadnya wanita adalah ibadah haji.

  1. Haji dan umrah balasannya ampunan dosa dan syurga.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi bersabda : Ibadah umrah ke umrah berikutnya dapat menghapus dosa di antara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali syurga (Riwayat Jamaah kecuali Abu Daud).

  1. Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah yang mulia.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi bersabda : Orang-orang yang melaksanakan haji dan umrah adalah tamu Allah, apabila mereka berdo’a kepadaNya akan dikabulkan, dan apabila mereka memohon ampunan kepadaNya, dosa mereka akan diampuni (HR. Nasai dan Ibn Najah).

B. KEUTAMAAN DAN MANFAAT HAJI & UMRAH

Ibadah haji dan umrah banyak sekali hikmah dan manfaatnya, diantaranya adalah :

  1. Menghapus dosa-dosa dan mensucikan jiwa sehingga dapat meningkatkan keikhlasan dalam beribadah.
  2. Dengan menghayati ritual dan bacaan-bacaan haji dan umrah, terutama bacaan kalimat talbiah, akan memperbaharui semangat komitmen keislaman.
  3. Haji dapat meningkatkan keimanan, menyadarkan tentang arti hidup yang sesungguhnya sehingga akan meningkatkan kesadaran dalam membekali diri dengan memperbanyak ibadah dan amal shaleh.
  4. Haji mengingatkan kita tentang pentingnya pengorbanan, kepatuhan, dan ketaatan kepada Allah SWT serta pentingnya perjuangan membela dan menegakkan kebenaran seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, para Nabi dan Rasul berikutnya sampai kepada Rasulullah SAW.
  5. Haji melatih kesabaran dan kesederhanaan dalam hidup.
  6. Haji sebagai wujud syukur atas nikmat Allah yang begitu banyak diberikan kepada kita, baik nikmat harta, nikmat sehat, nikmat iman dan berbagai nikmat yang lainnya.
  7. Haji mengingatkan dan menyadarkan kepada kita tentang kesamaan, persaudaraan sesama muslim, dan kedhoifan manusia dihadapan Allah Yang Maha Besar lagi Maha Kuasa.
  8. Haji mengingatkan tentang persatuan dan kekuatan ummat islam, baik kesatuan aqidah, kesatuan ibadah, kesatuan langkah, dan kesatuan tujuan hidup.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang lain yang dapat anda rasakan sendiri ketika melaksanakan ibadah haji dan umrah ini secara benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s